Sapi Ini Diberi Minum Alkohol Setiap Hari? Kok Bisa!!

Banyak yang menganggap bahwa sapi seperti wagyu itu diberikan alkohol seperti bir, sake atau wine. Pemberian alkohol itu bukan tanpa sebab sih, tapi memang untuk menjaga kualitas dagingnya. Tapi apakah sapi tersebut dagingnya akan mengandung alkohol? Emang semua sapi yang diimpor diberikan minum alkohol? Terus bagaimana dengan konsumen Indonesia yang mengedepankan kehalalan produk?

Ternyata mengenai sapi yang diberikan alkohol itu FAKTA loh!

Jepang pertama kali memperkenalkan minuman beralkohol seperti bir dan sake untuk sapi mereka. Dikutip dari majalah Food Reference, daging Kobe yang berasal dari sapi Wagyu ini diberikan minum bir dan juga dipijat menggunakan sake, sehingga menghasilkan daging yang bertekstur lembut, bermarbling dan juicy, serta penuh cita rasa.

Bila sapi di Jepang minum bir dan sake, sapi di Perancis ini diberikan minum wine loh! 

Terinspirasi dari sebuah studi yang menyebutkan bahwa sapi yang bahagia akan menghasilkan daging yang lezat, seorang pembuat wine mencoba memberikan 1 hingga 3 liter wine per harinya pada sapi-sapi percobaannya. 

Sumber: Swasembadaid

Hasilnya? Daging yang diberi nama Vinbovin ini memiliki tekstur yang sangat lembut, bermarbling, dan meng-karamel ketika dimasak. (Sumber: The Week)

Tapi perlu digaris bawahi nih!

Isu mengenai sapi yang diberikan alkohol itu benar. TAPI, daging tersebut hanyalah sebagian kecil dari total impor yang ada. Selain itu, harga daging yang selangit juga cuma bisa kalian temukan di restoran mewah.

Jadi, daging sapi impor halal dong? 

Tentunya! Eksportir daging terbesar di Indonesia adalah Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Ketiga negara ini mayoritas menggunakan metode grassfed atau grainfed ke ternak mereka, sehingga ‘aman’ dalam segi pakannya.

Pemerintah juga telah menetapkan regulasi mengenai persyaratan daging impor halal seperti yang tercantum dalam pasal 4 UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH). Pada Peraturan Pemerintah (PP) Pasal 2 Nomor 31 Tahun 2019 sebagai Peraturan Pelaksanaan UU JPH, diatur bahwa setiap produk yang masuk ke wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

Sumber Referensi: beergembira.com

0 Reviews

TOTAL :
SHIPPING FEE :
GRAND TOTAL :

Thank . We received your oder.

Payment Method
Order ID
Date order
Total

Please make your payment directly via UPI transfer by scaning our below QR codes. Use your Order ID as the payment reference. Your order won't be shipped until the funds have cleared in our account.

Please make your payment directly into our bank account. Use your Order ID as the payment reference. Your order won't be shipped until the funds have cleared in our account.

Order detail:

Product Name:
Quantity:
Size:
Price:

Customer's detail:

Full name:
Email:
Phone number:
Postcode:
Address:
City:
State:
Country:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *